Rabu, 16 Maret 2011

Propil sekolah sma santa maria





1. PROFIL SEKOLAH
1. sejarah
Sejarah di sma st.maria terbentuk karena banyaknya siswa atau siswi di smp st.maria maka pada tahun 2001 ada inisiatif dari umat paroki untuk membangun sekolah sma st.maria tarSutung.Dengan pemborongannya M.samosir. kepala sekolah yang pertama kali adalah SR.roce,scmm.kemudian diganti dengan K.siregar kemudian diganti lagi dengan SR.Agustina,scmm dan dilanjutkan dengan Edi.gorat sampai sekarang dengan sekolah yang terkenal dan disiplinnya ketat.
Pada tanggal 28 januari 2001 gedung sma santa maria diresmikan dan diberkati oleh bapak bupati tanuli utara,DRS R.E naenggolan,mm dan uskup agung medan,mgr AG PLUS datu bara ofm. cap yag terdiri dari 12 ruangan belajar dan dua kantor.
Setiap tahun jumlah siswa semakin bertambah minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sma santa maria.semakin tinggi nama sma santa maria semakin dikenal hingga kedaerah-daerah yang jauh. pada tahun 2005-2006jumlah siswa bertambah 478 orang yang dibagi kedalam 12 ruangan belajar.
Tetapi dua tahun berakhir ini jumlah siswa yang masuk ke sma santa maria menurun. setelah diamati,ternyata penyebab utamannya adalah seringnya penggantian guru akibat dari beberapa guru yang diangkat menjadi pns.untuk mengantisipasi penurunan jumlah siswa dan guru gencar mengadakan promosi ke daerah-daerah.
Dari segi prestasi akademik dan non akademik sma santa maria tarutung tidak boleh kalah dengan sma lain yang ada di tarutung.dari segi akademik sma santa maria pantas kita ajukan jempol. Dengan usia masih mudah sma ini mampu bersaing dangan sma lain yang telah teladan dan mapan.
siswa sma santa maria selalu mendapat tempat paling tidak dapat peringkat tiga besar,pada olimpiade sains tingka kabupaten dan menjadi utusan tingkat propinsi.Pada tahun 2000-2001 seorang siswa sma santa maria terpilih menjadi siswa teladan sekabupaten tapanuli utara.
Dan segi non akademik sudah tidak terhitung lagi beberapa kali sma ini menjulir kejuaraan-kejuaraan olah raga dan keterampilan yang kain. bahkan begitu banyaknya hingga tidak muat dalam satu lemari.
Siswa alumini sma santa maria teklah tersebar di PTN dan PTS baik yang berada di sumatra atau diluar sumatra.tiap tahunnya presentase jumlah siswa yang baik meningkat taja. pada tahun 2000-2001 (angkatan pertama) siswa yang masuk ptn masih 6% jumlah siswa yang lulus.tetapi pada tahun 2006-2007 siswa masuk ptn mencapai 30% dari jumlah siswa yang lulus.
Apa yang khas di sma ini? sma santa maria diminati karena penerapan displinnya yang kuat ada anggapan dimasyarakat bahwa sma ini adalah satu lembaga pendidikan yang berperan sebagai "pusat rehabilitasi" anak didik yanhg bandel dan nakal orang tua mengirimkan anaknya untuk belajar ditempat ini, karena selama ini anaknya untuk belajar tempat ini karena selama ini mereka telah kewalahan membina anak tersebut.
Akan tetapi,yang jelas sma santa maria tetap meneruskan prestasi akademik yang di simbangkan dengan pembinaan mental dan dalam disiplin yang diterangi oleh semangat iman kristiani sehingga produk sma santa maria adalah siswa ang mampu bersaing,bermental baik,an menjadi teladan di dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar